Tentang Kami

Profil Perusahaan

  1. Latar Belakang

Untuk membantu dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Rokan Hulu dan juga sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, diperlukan sebuah Lembaga Keuangan yang menjadi milik Masyarakat dan Pemerintah Daerah, maka Pemerintah Daerah Rokan Hulu memilih untuk mendirikan sebuah Lembaga Perbankan yang identik untuk menjalankan fungsi intermediasi bagi masyarakat ekonomi mikro dan kecil berupa Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

 

  1. Sejarah Pendirian
  • Pada Tahun 2004 persiapan – persiapan pendirian telah dimulai
  • Pada Tahun 2005 proses pendirian untuk mendapatkan Izin Prinsip sempat tertunda karena terkendala berbagai faktor teknis dan non-teknis.
  • Pada Tahun 2006 berkat keinginan dan komitmen yang kuat dari Pemerintah Daerah Rokan Hulu, proses pendirian PD. BPR ROKAN HULU kembali dapat diteruskan, sehingga pada tanggal 7 Juli 2006 melalui Surat Keputusan Bank Indonesia Nomor: 8/348/DPBPR permohonan izin prinsip pendirian BPR Rokan Hulu sudah dapat disetujui. Direksi beserta Pemilik dalam batas 360 hari diminta harus dapat melengkapi persyaratan-persyaratan dalam rangka pengajuan Izin Usaha, diantaranya : pengesahan PERDA pendirian Bank, penyediaan gedung kantor, susunan Struktur Organisasi dan Tata Kerja serta tenaga kerja dan dokumen administratif lainnya.
  • Pada Tahun 2007 Berkat kerjasama dan koordinasi yang baik antara seluruh pihak terkait, PEMDA, DPRD dan Pengurus BPR yang dilantik maka semua persyaratan tersebut yang berkaitan dengan pengajuan Izin Usaha telah dipenuhi, pada tanggal 25 Juli 2007 sesuai Surat Keputusan Bank Indonesia Nomor : 9/33/KEP.GBI/DPG/2007 memutuskan pemberian Izin Usaha PD. BPR ROKAN HULU.
  1. Dasar Pendirian
  • Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor : 03 Tahun 2007
  • Surat Keputusan Bank Indonesia dengan Nomor : 8/348/DPBPR tanggal 10 Juli 2006 tentang persetujuan prinsip pendirian BPR ROKAN HULU
  • Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia Nomor: 9/33/KEP.GBI/DPG/2007 tentang pemberian izin usaha PD. BPR ROKAN HULU

VISI BPR ROHUL

“Menjadi BPR terbaik di Provinsi Riau pada tahun 2022 dan berhasil mencitrakan diri sebagai Bankbagi kalangan masyarakat usaha mikro dan kecil”

 

MISI BPR ROHUL

  1. Menghimpun dana pihak ketiga melalui penyediaan layanan simpanan yang mampu memenuhi dan melebihi ekspektasi nasabah (pelayanan prima).
  2. Menyalurkan Kredit kepada pihak ketiga terutama masyarakat rokan hulu dengan segmentasi pasar diprioritaskan pada sektor usaha mikro dan kecil, yaitu dengan konsisten senantiasa meningkatkan kualitas penyaluran Kredit dengan menerapkan prinsip kehati-hatian bank.
  3. Mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari nasabah dengan selalu meningkatkan dan menyempurnakan standar pelayanan prima yang diberikan.
  4. Melaksanakan kegiatan usaha sesuai kaedah tata kelola (good corporate governance) BPR yang baik, serta menerapkan manajemen perusahaan yang efektif dan efisien serta didukung teknologi dan sistem informasi yang handal disegala lini operasional bank.
  5. Mengedukasi dan meningkatkan literasi keuangan bagi segenap masyarakat Rokan Hulu yang bergerak di sektor usaha kecil dan mikro, serta melakukan upaya-upaya stimulus yang dapat menumbuh-kembangkan usaha-usaha mikro dan kecil dalam rangka meningkatkan upaya pemberdayaan ekonomi daerah yang berbasiskan kerakyataan.
  6. Menghapus usaha simpan pinjam yang bersifat ijon dan rentenir disekitar lokasi kantor BankPD. BPR Rohul.
  7. Mengembangkan jaringan kantor yang mampu menjangkau segenap wilayah Kabupaten Rokan Hulu untuk mewujudkan jangkauan pelayanan yang dekat dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses layanan perbankan.
  8. Meningkatkan SDM secara professional, memiliki kemampuan dan kejujuran serta berakhlak mulia dan memiliki loyalitas yang tinggi.
  9. Membantu Pemerintah Daerah melaksanakan sebagian fungsi pemegang kas daerah sesuai peraturan perundang-undangan dan aktif melakukan kerja sama antar BPR yang ada dan juga lembaga keuangan lainnya.
  10. Pemupukan permodalan yang diiringi dengan peningkatan kontribusi bagian laba sebagai Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Rokan Hulu, baik secara langsung maupun tidak langsung sebagai implementasi pembinaan yang berkelanjutan

Dewan Pengawas

Ketua Dewan Pengawas : ZULFIKAR ACHMAD, SH, MH

Dewan Direksi

Direktur Utama : JANGNIP, S.Sos

 

Direktur : MUSWITA, SP

Infobank Award

Mendapatkan penghargaan Infobank Award dari Majalah Perbankan Info Bank 4 Kali dengan predikat sangat bagus atas kinerja keuangan selama tahun 2011, 2012, 2013 dan 2015